UDiNus Repository

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DATABASE CLUSTER DENGAN METODE MINIMALIST ARRANGEMENT MENGGUNAKAN ARSITEKTUR SHARED-NOTHING UNTUK HIGH AVAILABILITY DATA STUDI KASUS WEBSITE TVKU

MUHAMMAD, CHOLIQ NUR (2015) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DATABASE CLUSTER DENGAN METODE MINIMALIST ARRANGEMENT MENGGUNAKAN ARSITEKTUR SHARED-NOTHING UNTUK HIGH AVAILABILITY DATA STUDI KASUS WEBSITE TVKU. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (92Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4049b) | Preview

      Abstract

      PT. Televisi Kampus Universitas Dian Nuswantoro adalah sebuah perusahaan media yang namanya cukup dikenal luas oleh berbagai pihak pada umumnya telah terdapat website yang cukup memadai. Website itu sendiri digunakan untuk menunjang kredibilitas perusahaan media itu sendiri dan juga untuk mempermudah masyarakat dalam mencari berita-berita terkini. Dengan adanya website yang komplek itu dibutuhkan penyimpanan database untuk menunjang berjalannya kelangsungan perusahaan media tersebut. Dalam praktiknya website itu ketika diakses oleh masyarakat umum kadang terjadi kegagalan. Itu dikarenakan karena di sisi database server terjadi failure. Kegagalan atau failure itu sendiri disebabkan karena service database server mati dan tidak ada backup dari service database server lain yang langsung menggantikan ketika service database server utama mati. Oleh karena itu penyimpanan database yang baik harus bersifat high availability. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah diatas adalah dengan menggunakan teknologi Database Cluster. Itu dikarenakan di dalam teknologi Database Cluster terdapat replikasi database juga terdapat sistem yang mampu mengatasi failure sistem database itu sendiri.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 02 Mar 2015 11:51
      Last Modified: 02 Mar 2015 12:03
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14954

      Actions (login required)

      View Item