UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ACCOUNT OFFICER BRIGUNA PRODUKTIF DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PESERO), Tbk KANTOR CABANG SEMARANG PATIMURA

DHIA, ADIKUSUMA PRATHAMA (2015) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ACCOUNT OFFICER BRIGUNA PRODUKTIF DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PESERO), Tbk KANTOR CABANG SEMARANG PATIMURA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img] PDF
Download (4Mb)

    Abstract

    Penentuan keproduktifan Account Officer sebuah perbankan menjadi suatu hal yang penting dilakukan. Keputusan seseorang dalam penentuan tingkat keproduktifan sangat menentukan insentif dari AO tersebut. oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan untuk membantu proses penentuan keproduktifan Account Officer tersebut. Sistem ini menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) dimana metode ini menjumlahkan nilai terbobot dari masing - masing kriteria untuk setiap alternatif. Pada studi kasus di PT BANK RAKYAT INDONESIA (Persero), Tbk Kantor Cabang Semarang Patimura penilaian seorang AO terdiri 3 kriteria utama yaitu keuangan, proses bisnis internal dan pelanggan, dimana masing - masing kriteria utama masih terdapat anak kriteria. Untuk menentukan tingkat keproduktifan AO dilakukan penjumlahan bobot dari hasil kinerja AO. Nilai yang tertinggi mengindikasi bahwa AO tersebut memiliki rangking tertinggi. Sebelumnya pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Semarang Patimura masih menggunakan Excel untuk perangkingan dan membutuhkan waktu yang lama dalam perhitungan. Setelah diuji coba sistem pendukung keputusan ini dapat melakukan proses perangkingan sesuai kriteria dan menghemat waktu yang dibutuhkan dalam proses perangkingan. Dengan demikian sistem ini mampu mengatasi masalah dalam proses penentuan keprokdutifan AO pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor cabang Semarang Patimura sehingga pihak terkait mendapatkan ketepatan waktu dalam mengeluarkan hasil perengkingan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 02 Mar 2015 11:52
    Last Modified: 11 Aug 2016 11:22
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14959

    Actions (login required)

    View Item