UDiNus Repository

ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN PROSES PENGAWASAN DAN EVALUASI KINERJA SISTEM INFORMASI RAWAT JALAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 PADA RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

AFIFAH, HAYATI (2015) ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN PROSES PENGAWASAN DAN EVALUASI KINERJA SISTEM INFORMASI RAWAT JALAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 PADA RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (436Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      RSI Sultan Agung Semarang merupakan rumah sakit besar tipe B yang memberikan jasa layanan kesehatan bagi masyarakat luas seperti layanan pemeriksaan, rawat inap, rawat jalan, IGD, dan lain-lain. Dalam pengolahan data rawat jalan RSI Sultan Agung telah menggunakan suatu sistem informasi yang dapat membantu memperlancar proses pelayanan. Penggunaan sistem informasi tersebut diperlukan proses pengawasan dan evaluasi guna mengetahui apakah sistem berjalan sesuai dengan perencanaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kematangan serta tingkat kesadaran dan harapan pihak pengelola mengenai proses pengawasan dan evaluasi sistem informasi rawat jalan pada RSI Sultan Agung menggunakan framework COBIT 4.1 domain Monitoring and Evaluate Performance (ME1). Dengan melakukan observasi, wawancara, serta penyebaran kuesioner tentang tingkat harapan dan tingkat kematangan didapatkan hasil 2,93 (level 3) untuk tingkat kematangan saat ini, sedangkan tingkat harapan yang mencapai 79,01%. Dengan harapan yang ingin dicapai tingkat kematangan 4 didapatkan kesenjangan tingkat kematangan sebesar 1,07. Sebagai rekomendasi pihak pengelola harus berupaya untuk mengembangkan sistem informasi khususnya proses pengawasan dan evaluasi ke arah yang lebih baik yang terstandar, dilakukan secara formal dan terintegrasi, serta mampu memperbaiki kesalahan jika proses tidak berjalan efektif.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 02 Mar 2015 11:52
      Last Modified: 02 Mar 2015 12:02
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14963

      Actions (login required)

      View Item