UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BANTUAN LANGSUNG SEMENTARA MASYARAKAT (BLSM) MENGGUNAKAN FUZZY MADM DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (STUDI KASUS: KELURAHAN KARANGANYAR DEMAK)

IVA, IKAWATI FITRIA (2015) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BANTUAN LANGSUNG SEMENTARA MASYARAKAT (BLSM) MENGGUNAKAN FUZZY MADM DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (STUDI KASUS: KELURAHAN KARANGANYAR DEMAK). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (358Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) merupakan program sosial dari pemerintah yang diberikan kepada rakyat kurang mampu akibat adanya pengalihan subsidi bahan bakar minyak. Pengalihan ini mengakibatkan naiknya harga bahan minyak yang berimbas pada kenaikan harga bahan pokok dikalangan masyarakat. Bantuan ini diberikan sebagai salah satu solusi pemerintah untuk menekan angka kemiskinan di Indonesia. Dengan adanya program ini, pemerintah berharap adanya perbaikan taraf hidup dan kesejahteraan yang merata dalam masyarakat. Selama ini pendistribusian pemberian Bantuan Langsung Sementara Masyarakat(BLSM) belum berjalan sesuai dengan sasaran yang seharusnya. Hal ini dikarenakan kurang adanya update data secara berkala dari pemerintah setempat. Data calon penerima yang diterima masih berasal dari data-data sebelumnya tanpa ada pendataan ulang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu aplikasi Sistem Pendukung Keputusan(SPK) yang dapat membantu dalam menentukan calon penerima Bantuan langsung Sementara Masyarakat (BLSM) yang efektif, akurat, dan efisien. Dalam penelitian ini menggunakan Fuzzy MADM dengan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode Simple Additive Weighting (SAW) merupakan suatu konsep Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja setiap alternatif pada semua atribut. Dari penelitian ini, dihasilkan program aplikasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) penerimaan BLSM menggunakan Fuzzy-MADM dengan metode Simple Additive Weighting.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 02 Mar 2015 11:52
      Last Modified: 02 Mar 2015 12:02
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14965

      Actions (login required)

      View Item