UDiNus Repository

PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus pada Departemen Humas Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Sabilul Khoirot Kabupaten Semarang)

SOKHIBUL, IZZAR (2015) PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus pada Departemen Humas Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Sabilul Khoirot Kabupaten Semarang). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (476Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4035b) | Preview

      Abstract

      Sistem Informasi telah berkembang pesat. Komputer sebagai unsur pendukung dari perkembangannya dari hanya sekedar alat pengolah data kemudian berkembang menjadi unsur pendukung sistem informasi dan sekarang telah merupakan suatu alat yang strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan dan daya saing institusi. YPI Sabilul Khoirot merupakan yayasan berbasis islam yang sedang berkembang. Dalam sejarah perkembangannya, analisa peneliti masih menggunakan sistem informasi hanya sebagai alat pendukung pengolahan data dan belum menggunakan sistem informasinya sebagai alat yang strategis guna mendukung keunggulan kompetitifnya. Penelitian ini focus pada perencanaan strategis pembangunan sistem informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam mencapai visi dan misi organisasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT, pemetaan Balance Scorecard, cascading, critical success factors dan menggunakan analisa portofolio (Mc Farlan) untuk merumuskanperencanaan strategi sistem informasi guna mendukung kinerja departemen. Hasil dari penelitian ini merupakan analisa bisnis portofolio yang dapat digunakan sebagai dasar acuan perencanaan strategi sistem informasi di YPI Sabilul Khoirot.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 02 Mar 2015 11:52
      Last Modified: 02 Mar 2015 12:01
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14970

      Actions (login required)

      View Item