UDiNus Repository

PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UDINUS DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI ERA ASEAN ECONOMIC COMMUNITY

AKHMAD, MANIK KUNCARA (2015) PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UDINUS DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI ERA ASEAN ECONOMIC COMMUNITY. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (496Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Pelaksanaan ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah di depan mata yaitu pada akhir tahun 2015. AEC akan merubah ASEAN menjadi kawasan yang bebas bagi keluar masuknya barang, jasa, investasi, modal dan tenaga kerja terampil. Program studi Sistem Informasi-S1 adalah salah satu program studi di UDINUS yang mencetak tenaga ahli di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Namun saat ini progdi SI-S1 belum merumuskan strategi dan sistem informasi yang mampu meningkatkan daya saing global. Untuk itu, progdi SI-S1 memerlukan adanya peta strategi dan portofolio aplikasi yang secara jelas mendeskripsikan dukungan IS/IT dalam peningkatan daya saing di era AEC. Peta strategi progdi SI-S1 merupakan paparan mengenai keterkaitan sejumlah Sasaran Strategis dalam bentuk hubungan sebab akibat yang terbagi ke dalam 4 perspektif Balanced Scorecard (BSC) sebagai hasil dari analisis SWOT. Sedangkan portofolio aplikasi merupakan bagian dari Perencanaan Strategis IS/IT yang di dalamnya terangkum pemetaan aplikasi yang potensial di masa sekarang dan masa mendatang hasil dari analisis BSC dan CSF ke dalam matriks McFarlan. Dengan adanya peta strategi dan portofolio aplikasi diharapkan progdi SI-S1 lebih mampu bersaing di era AEC. Portofolio aplikasi hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dipertimbangkan untuk kemudian segera dirancang dan diimplementasi dengan memanfaatkan potensi mahasiswa Sistem Informasi-S1.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 02 Mar 2015 11:53
      Last Modified: 02 Mar 2015 11:59
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14979

      Actions (login required)

      View Item