UDiNus Repository

Pengenalan objek berdasarkan warna merah menggunakan metode Subtraction dan BlobAnalysis pada canal RGB melalui real-time video

MOCHAMAD, BAHARUN FAISOL (2015) Pengenalan objek berdasarkan warna merah menggunakan metode Subtraction dan BlobAnalysis pada canal RGB melalui real-time video. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (418Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4070b) | Preview

      Abstract

      Deteksi objek dalam urutan video masih merupakan tantangan besar dalam pengolahan citra atau komputer vision. Banyak peneliti telah mengeksplorasi banyak cara atau metode untuk meningkatkan efektivitas mereka dalam bidang ini. Namun, tingkat kesulitan ini sangat bervariasi sehingga tidak ada sistem yang dengan sempurna dapat digunakan untuk mengatasi masalah deteksi objek, terlebih objek dengan spesifikasi warna tertentu . Beberapa metode dalam pengolahan citra seperti subtraction dan blobanalysis dapat menjadi solusi dalam permasalah ini. Dengan kedua metode tersebut, sistem ini akan menerjemahkan citra menjadi deskripsi atau suatu informasi yang merepresentasi citra tersebut sehingga input berupa live video dan output berupa informasi. Tugas akhir ini membahas deteksi objek bewarna merah yang mana akan dilakukan percobaan sehingga akan mengetahui berapa intensitas warna merah yang dapat terdeteksi dan tidak dapat terdeteksi dalam sismten ini dan juga pengaruh brightness dan contrast di pengujian pagi,sore, malam hari baik pada indoor maupun outdoor. Dengan menggunakan bantuan internal webcam HP dengan kemiringan sudut 90?, sistem ini dapat mendeteksi warna merah dengan baik dan jelas secara live (real-time) video, dan menghitung jumlah objek yang terdeteksi sehingga akan memberikan informasi yang jelas kepada pengguna.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 02 Mar 2015 11:54
      Last Modified: 02 Mar 2015 11:56
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15002

      Actions (login required)

      View Item