UDiNus Repository

PENGUKURAN KINERJA PELAYANAN DI SAMSAT KOTA SEMARANG 1 MENGGUNAKAN COBIT 5 DAN METODE PERSEPSI KUALITAS

ADRIANA, DINA (2015) PENGUKURAN KINERJA PELAYANAN DI SAMSAT KOTA SEMARANG 1 MENGGUNAKAN COBIT 5 DAN METODE PERSEPSI KUALITAS. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (514Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3694b) | Preview

      Abstract

      SAMSAT Kota Semarang 1 merupakan sebuah pelayanan publik yang menangani administrasi kendaraan bermotor. Pengukuran kinerja pelayanan di SAMSAT dilakukan untuk mendukung visi SAMSAT yang ingin mewujudkan pelayanan prima berbasis teknologi. Pengukuran dilakukan dari pihak internal dan eksternal. Pengukuran kinerja dari pihak internal menggunakan COBIT 5 yang menghasilkan tingkat kemampuan setiap proses yang diukur. Proses yang akan diukur dipilih berdasarkan hasil pemetaan visi misi SAMSAT ke proses COBIT 5. Proses COBIT 5 yang diukur dalam penelitian ini meliputi DSS02, DSS03, dan EDM04. Pengukuran kinerja dari pihak eksternal, dalam kasus ini pelanggan, menggunakan metode persepsi kualitas yang menghasilkan tingkat kepuasan pelanggan. Pengukuran kepuasan dilakukan dengan membandingkan antara harapan dan pengalaman yang dirasakan pelanggan. Kinerja pelayanan yang tercapai adalah proses EDM04 yang sudah didefinisikan, proses DSS02 dan DSS03 dapat diprediksi. Tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan SAMSAT yang tercapai adalah puas.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 02 Mar 2015 11:54
      Last Modified: 02 Mar 2015 11:56
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15006

      Actions (login required)

      View Item