UDiNus Repository

IMPLEMENTASI DECISSION TREE PADA APLIKASI BERBASIS SISTEM PAKAR UNTUK MEMPREDIKSI PELUANG KERJA CALON LULUSAN MAHASISWA SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

KHAAFIZHA, RAKHMAH NUUR (2015) IMPLEMENTASI DECISSION TREE PADA APLIKASI BERBASIS SISTEM PAKAR UNTUK MEMPREDIKSI PELUANG KERJA CALON LULUSAN MAHASISWA SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Prediksi peluang kerja dibutuhkan oleh para mahasiswa untuk menunjang jenjang karir mahasiwa dan memberi pandangan tentang arah peluang kerja setelah lulus kuliah, sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi jumlah pengangguran tingkat sarjana. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi bidang kerja berdasarkan perolehan nilai dan membangun model prediksi dengan menggunakan model decission tree classification yang diaplikasikan dengan tool Rapid Miner dimana selanjutnya akan dibangun suatu aplikasi berbasis sistem pakar yang dapat digunakan untuk membantu memprediksi bidang kerja calon lulusan sesuai kriteria yang dimiliki mahasiswa. Model decission tree terdiri dari sekumpulan aturan untuk membagi kumpulan data yang besar menjadi himpunan-himpunan record yang lebih kecil. Aplikasi berbasis sistem pakar yang dibangun ini berdasarkan pendekatan case-based reasoning yaitu pembentukan pengetahuan dengan menggunakan penalaran berbasis kasus. Dengan pendekatan case based reasoning diharapkan pengetahuan yang dimasukkan dalam membangun aplikasi adalah pengetahuan berdasarkan fakta kasus yang terjadi pada mahasiswa. Dalam alur pembuatan aplikasi diawali dari proses akuisisi data, pengolahan data, generate rule, generate aplication, implementasi sampai dengan tahap pengujian aplikasi. Setelah semua tahapan selesai akan dihasilkan aplikasi berbasis sistem pakar untuk prediksi peluang kerja khususnya mahasiswa jurusan sistem informasi Universitas Dian Nuswantoro dengan nilai akurasi yang diperoleh saat pengujian validasi terhadap aplikasi dengan menggunakan data testing hasilnya yaitu sebesar 80 persen.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 02 Mar 2015 11:54
    Last Modified: 02 Mar 2015 11:54
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15013

    Actions (login required)

    View Item