UDiNus Repository

PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK MEMPREDIKSI LAMA PENGERJAAN SERVIS BERKALA KENDARAAN PELANGGAN PT. NASMOCO MAJAPAHIT

RESTU, OKTHAVIAN ANDRIAR (2015) PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK MEMPREDIKSI LAMA PENGERJAAN SERVIS BERKALA KENDARAAN PELANGGAN PT. NASMOCO MAJAPAHIT. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (330Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3959b) | Preview

      Abstract

      PT. Nasmoco Majapahit merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang otomotif. Didalamnya terdapat bagian bengkel yang melayani pekerjaan perbaikan kendaraan, baik itu servis berkala maupun general repair. Pada pekerjaan servis beerkala, Service Advisor memberikan estimasi waktu jam penyerahan kendaraan kepada pelanggan. Dikarenakan harapan pelanggan yang semakin tinggi pada PT. Nasmoco Majapahit dikhawatirkan kecewa apabila estimasi waktu pengerjaan servis berkala tidak tepat. Untuk mengatasi hal tersebut akan digunakan teknik data mining untuk mengolah data servis berkala kendaraan. Data mining merupakan penambangan atau penemuan informasi baru dengan mencari pola atau aturan tertentu dari sejumlah data dalam jumlah besar yang diharapkan dapat mengatasi kondisi tersebut. Dengan memanfaatkan data servis kendaraan pelanggan, diharapkan dapat menghasilkan informasi tentang kecepatan waktu yang diperlukan untuk melakukan servis berkala kendaraan. Algoritma yang digunakan adalah algoritma naïve bayes, sehingga informasi yang ditampilkan berupa kategori kecepatan. Kategori kecepatan yang didapatkan dipengaruhi oleh mekanik, unit kendaraan, km servis berkala dan additional job.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 29 Apr 2015 14:07
      Last Modified: 29 Apr 2015 14:07
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15189

      Actions (login required)

      View Item