UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENJURUSAN SISWA SMA NEGERI 6 SEMARANG KURIKULUM 2013 MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP)

IKA, NUR DIANA (2015) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENJURUSAN SISWA SMA NEGERI 6 SEMARANG KURIKULUM 2013 MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (1063Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Permasalahan pengambilan keputusan dialami oleh siswa yang akan masuk ke SMA. Siswa dan orang tua tentunya akan mempertimbangkan sekolah dan jurusan terbaik yang akan siswa ambil nanti. Oleh karena itu sekolah mempunyai peranan yang sangat penting untuk mengembangkan potensi yang dimiliki siswanya sesuai dengan jurusan yang dipilih. Namun dalam kenyataan tidak semua siswa-siswi dapat memilih jurusan yang tepat dengan kemampuan mereka sendiri. Terlebih lagi kurikulum yang diterapkan menggunakan kurikulum 2013 yang serempak akan dilaksanakan pada awal tahun ajaran 2014/2015 ini. Dalam kurikulum yang baru penjurusan dilakukan pada saat awal masuk, yaitu pada kelas 10. Perubahan kurikulum dimaksudkan agar memungkinkan penyesuaian program pendidikan pada satuan pendidikan dengan kondisi dan kekhasan potensi yang ada di daerah siswa. Kemungkinan yang terjadi dari kesalahan siswa dalam pengambilan penjurusan adalah rendahnya minat belajar siswa karena tidak dapat mengikuti pelajaran dengan baik, hal tersebut menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa. Untuk itu dibuatlah sistem pendukung keputusan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.Pada penelitian ini dibuat sebuah sistem pendukung keputusan menggunakan metode weighted product. Metode weighted product digunakan karena metode ini lebih bisa memberikan nilai bobot disetiap kriteria kemudian dilakukan perangkingan yang akan menetukkan jurusan yang nantinya akan diambil oleh siswa. Tujuan penelitian ini membuat sebuah sistem pendukung keputusan menggunakan metode Weight Product membangun sistem pendukung keputusan penjurusan siswa SMA Negeri 6 Semarang dengan kurikulum 2013, agar siswa dapat memilih jurusan apa yang benar-benar tepat dengan sistem terkomputerisasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode weighted product.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 29 Apr 2015 14:07
      Last Modified: 29 Apr 2015 14:07
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15211

      Actions (login required)

      View Item