UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PEMBERIAN BANTUAN SISWA MISKIN MENGGUNAKAN METODE SAW PADA SEKOLAH DASAR NEGERI BRUMBUNG MRANGGEN

SONY, ADITYA (2015) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PEMBERIAN BANTUAN SISWA MISKIN MENGGUNAKAN METODE SAW PADA SEKOLAH DASAR NEGERI BRUMBUNG MRANGGEN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (41Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3740b) | Preview

      Abstract

      Bantuan Siswa Miskin (BSM) adalah Program Nasional yang bertujuan untuk menghilangkan halangan siswa miskin berpartisipasi untuk bersekolah dengan membantu siswa miskin memperoleh akses pelayanan pendidikan yang layak, mencegah putus sekolah, menarik siswa miskin untuk kembali bersekolah, membantu siswa memenuhi kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran. Untuk membantu proses penentuan penerima dana BSM agar dapat tepat sasaran maka diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan. Proses penentuan kriteria atribut penerima ditentukan oleh sekolah sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Sistem pendukung keputusan menggunakan salah satu metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) yaitu metode Simple Additive Weighting (SAW). Penelitian dilakukan dengan mencari dan menentukan nilai bobot untuk setiap atribut siswa, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu siswa calon penerima BSM dengan ranking tertinggi.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 29 Apr 2015 14:08
      Last Modified: 29 Apr 2015 14:08
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15219

      Actions (login required)

      View Item