UDiNus Repository

Penerapan Metode Klastering dengan Algoritma k-Means Untuk Prediksi Kelulusan Mahasiswa Pada Program Studi Teknik Informatika Strata Satu

GITA, TRAYASIWI PREMASHANTI (2015) Penerapan Metode Klastering dengan Algoritma k-Means Untuk Prediksi Kelulusan Mahasiswa Pada Program Studi Teknik Informatika Strata Satu. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (356Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3504b) | Preview

      Abstract

      Lamanya waktu kelulusan mahasiswa tidak selalu dapat diprediksi secara dini oleh pihak mahasiswa maupun perguruan tinggi sehingga dapat berakibat pada waktu lulus yang terlambat dan merugikan kedua belah pihak. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu solusi untuk memprediksi kelulusan mahasiswa. Pada penelitian ini digunakan metode klastering (Clustering) dengan algoritma k-Means. Sebelum dilakukan pengolahan data, dilakukan proses normalisasi data, kemudian data diolah menjadi beberapa klaster. Data yang telah diklasterisasi tersebut menghasilkan kategori prediksi kelulusan mahasiswa berdasarkan lama atau tidaknya waktu kelulusan dan tinggi rendah IPK yang diperoleh mahasiswa pada setiap klaster. Dengan adanya penelitian tersebut, pihak perguruan tinggi dapat mengetahui hasil prediksi kelulusan mahasiswa dan dapat memberikan tindakan preventif untuk mengurangi masalah keterlambatan kelulusan.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 29 Apr 2015 14:08
      Last Modified: 29 Apr 2015 14:08
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15231

      Actions (login required)

      View Item