UDiNus Repository

Implementasi Model Pohon Keputusan Untuk Mengklasifikasi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5 [Universitas Diponegoro]

AHMAD, FATONI (2015) Implementasi Model Pohon Keputusan Untuk Mengklasifikasi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5 [Universitas Diponegoro]. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (1182Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Pertumbuhan yang pesat dari akumulasi data telah menciptakan kondisi kaya akan data tapi masih sulit menganalisis pemecahan masalah untuk pengambilan keputusan. Pohon dalam analisis pemecahan masalah pengambilan keputusan adalah pemetaan mengenai alternatif-alternatif pemecahan masalah yang dapat diambil dari masalah tersebut. Dengan memanfaatkan data induk mahasiswa dan data kelulusan mahasiswa, diharapkan dapat memprediksi tentang tingkat kelulusan mahasiswa dengan data induk mahasiswa melalui teknik data mining. Kategori tingkat kelulusan di ukur dari lama studi dan IPK. Algoritma yang digunakan adalah algoritma C4.5, karena dapat digunakan untuk melakukan klasifikasi atau segmentasi atau prediksi. Disamping itu informasi yang ditampilkan berupa nilai support dan confidence dari masing-masing kategori tingkat kelulusan. Laporan tugas akhir ini akan menguraikan atribut yang dipakai dalam mengklasifikasi masa studi mahasiswa dan dihasilkan model pohon keputusan. Desain aplikasi data mining ini meliputi menginput dan menampilkan data mahasiswa tahun 2009/2010, seting variabel yang digunakan, data kasus yang dimasukkan, hasil pohon keputusan, pembentukan aturan dari pohon keputusan yang dibuat algoritma C4.5, melakukan testing aturan dan pengujian data mahasiswa untuk menentukan hasil keputusan. Hal-hal apa yang telah dilakukan dan apa yang belum dilakukan pada pengembangan data mining ini akan diulas pada bagian akhir laporan ini.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 29 Apr 2015 14:08
      Last Modified: 29 Apr 2015 14:08
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15235

      Actions (login required)

      View Item