UDiNus Repository

PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN PRODUK PADA CLAPPER MOVIE CAFE MENGGUNAKAN METODE ASSOCIATION RULE

ALFFEUS, GANEFFO GANTARI (2015) PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN PRODUK PADA CLAPPER MOVIE CAFE MENGGUNAKAN METODE ASSOCIATION RULE. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (369Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3754b) | Preview

      Abstract

      Data mining merupakan sebuah proses analisis sekumpulan data yang dapat menghasilkan sebuah pengetahuan atau informasi baru. Informasi baru yang terbentuk dapat digunakan sebagai alat pendukung pengambil keputusan. Tetapi apabila jumlah data yang dimiliki besar atau banyak maka akan timbul suatu permasalahan dalam pengolahannya. Untuk mengolah data yang besar bisa juga dilakukan pengujian pada sampel. Namun informasi akan lebih akurat apabila data diolah secara keseluruhan. Data mining dapat membantu untuk mengolah data yang berukuran besar. Salah satu contoh yang penulis ambil adalah data transaksi pembelian pada Clapper Movie Cafe Semarang. Aplikasi data mining ini menggunakan algoritma apriori dengan metode Association Rule untuk mengolah data transaksi pada Clapper Movie Cafe Semarang. Aplikasi data mining ini digunakan untuk mencari relasi antar item yang dibeli secara bersamaan oleh para konsumen. Dengan dibuatnya aplikasi data mining ini diharapkan dapat membantu pemilik cafe dalam menentukan keputusan bisnis yang akan diambil.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 29 Apr 2015 14:08
      Last Modified: 29 Apr 2015 14:08
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15250

      Actions (login required)

      View Item