UDiNus Repository

PENYISIPAN PESAN PADA GAMBAR MENGGUNAKAN ALGORITMA ARNOLD CAT MAP (ACM) ,LEAST SIGNIFICANT BIT (LSB) dan SCALE INVARIANT FEATURE TRANSFORM(SIFT)

CAHYA, INDAH NURANI (2015) PENYISIPAN PESAN PADA GAMBAR MENGGUNAKAN ALGORITMA ARNOLD CAT MAP (ACM) ,LEAST SIGNIFICANT BIT (LSB) dan SCALE INVARIANT FEATURE TRANSFORM(SIFT). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (668Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Komunikasi menjadi hal yang sangat krusial dalam kehidupan manusia. Salah satu bentuknya yaitu citra (image) yang disajikan secara visual. Didunia maya, komunikasi membutuhkan keamanan agar terhindar dari pencurian data, perusakan data, pemalsuan data, dan penyadapan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Algoritma Arnold Cat Map (ACM) merupakan salah satu algoritma kriptografi yang biasa digunakan untuk melakukan enkripsi pada citra dengan cara memutar citra secara terus menerus sehingga menjadi bentuk yang tidak beraturan. Namun, bila iterasi putaran citra tersebut telah mencapai jumlah tertentu, citra tersebut dapat kembali seperti semula lagi. Algoritma Least Significant Bit (LSB) akan mengubah nilai bit LSB dari setiap piksel pada cover sesuai dengan nilai biner pada pesan secara berurutan. Pada penelitian ini, algoritma LSB digunakan untuk menutupi kelemahan pada algoritma ACM. Namun, algoritma LSB sendiri memiliki kelemahan karena posisi penyisipan pesan yang berurutan dapat dengan mudah diketahui oleh orang lain. Peneliti akan menggabungkan algoritma LSB dengan algoritma Scale Invariant Feature Transform (SIFT) untuk mendapatkan posisi penyisipan pesan yang acak. Pengujian dengan salt & pepper dan scratch dilakukan untuk mengetahui ketahanan pesan.Dari hasil pengujian yang dilakukan, metode yang diusulkan oleh peneliti dapat digunakan untuk merahasiakan maupun mengambil pesan dengan baik. Kualitas stego-image yang dihasilkan juga cukup tinggi.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 29 Apr 2015 14:08
      Last Modified: 29 Apr 2015 14:08
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15255

      Actions (login required)

      View Item