UDiNus Repository

PENERAPAN ASSOCIATION RULE MINING DENGAN ALGORITMA A-PRIORI UNTUK REKOMENDASI PEMINJAMAN BUKU PADA PERPUSTAKAAN DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH

SODIKUN, (2015) PENERAPAN ASSOCIATION RULE MINING DENGAN ALGORITMA A-PRIORI UNTUK REKOMENDASI PEMINJAMAN BUKU PADA PERPUSTAKAAN DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (457Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3632b) | Preview

      Abstract

      Perpustakaan daerah Provinsi Jawa Tengah memiliki sistem informasi perpustakaan yang dapat memudahkan pengguna fasilitas untuk meminjam buku. Namun data peminjaman buku yang tercatat pada database sistem masih belum mampu diolah kembali secara maksimal. Hal ini dikarenakan belum adanya modul pengolahan kembali data peminjaman sehingga hanya akan terakumulasi dan tertimbun didalam database sistem dan tidak menghasilkan kembali informasi dan pengetahuan yang bermanfaat untuk mendukung kemajuan manajemen perpustakaan. Teknik Data mining telah banyak digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada salah satunya dengan penerapan algoritma A-Priori untuk menemukan aturan asosiasi yang terbentuk dari dataset peminjaman buku. Sehingga diketahui kaitan asosiasi antar judul buku yang dipinjam.Sehingga mempermudah peminjam untuk memilih buku yang akan dipinjam.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 29 Apr 2015 14:08
      Last Modified: 29 Apr 2015 14:08
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15259

      Actions (login required)

      View Item