UDiNus Repository

SISTEM PENJUALAN IKAN BANDENG DI ANGGOTA PETANI IKAN BANDENG CEPIRING (APIBC) DI DESA KOROWELANG KECAMATAN CEPIRING KABUPATEN KENDAL

AKHMAD, ZAENUDIN (2015) SISTEM PENJUALAN IKAN BANDENG DI ANGGOTA PETANI IKAN BANDENG CEPIRING (APIBC) DI DESA KOROWELANG KECAMATAN CEPIRING KABUPATEN KENDAL. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (184Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Kabupaten Kendal memiliki jenis lahan perikanan yang cukup luas, sehingga komoditi perikanan yang dihasilkan cukup besar terutama jenis ikan bandeng. Komoditi bandeng yang dihasilkan Kabupaten Kendal sangat melimpah. Namun dibalik itu tingkat konsumsi produk peternakan ayam dan peternak yang lain lebih tinggi dibanding dengan petani tambak perikanan seperti bandeng. Salah satu penyebabnya adalah karena sistem pengelolaan penjualan ikan terhadap produksi bandeng sangat kurang.Penjualan ikan saat ini belum dikelola dengan baik, sistem yang ada masih bersifat sangat manual, hanya menggunakan transaksi penjualan biasa yaitu permintaan ikan untuk selanjutnya pembayaran. Tingkat penjualan ikan pada Anggota Petani Ikan per minggunya belum mampu dipantau dikarenakan belum adanya pengelolaan data penjualan secara terkomputerisasi pada sistem penjualan ikan. Kondisi seperti ini akan meningkat lebih baik bila mana proses penjualan ikan dikelola pada sebuah sistem penjualan ikan, setiap Anggota Petani ikan di APIBC akan melaporkan hasil penjualannya ke pengelola,Selanjutnya di teruskan oleh bagian Administrasi mencatat semua hasil penjualan ikan dari semua Anggota. Selanjutnya pihak pengelola atau pimpinan APIBC akan mudah memantau keluar masuknya ikan, baik yang sudah terjual ataupun yang mau di panin dan selanjutnya bagian Administrasi akan mengelola laporan input outputnya tambak per Anggota Ikan Bandeng. Selain itu juga akan memudahkan pihak pengelola dalam mendapatkan laporan penjualan ikan tanpa harus merekap laporan data penjualan satu per satu. Pengaruh selanjutnya dengan adanya sistem informasi penjualan akan memudahkan para anggota untuk mengetahui informasi pasar ikan di kota kota. Sistem penjualan akan menyimpan seluruh transaksi penjualan dan pembayaran. Perhitungan total ikan yang tersedia akan semakin mudah, karena sistem penjualan secara otomatis akan menjumlah semua item harga. Pembuatan laporan tidak perlu menyusun satu-persatu. Pada sistem penjualan, laporan dihasilkan dengan cara memanggil semua data ikan yang ada pada tabel ikan untuk selanjutnya di hasilkan laporan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 29 Apr 2015 14:08
      Last Modified: 29 Apr 2015 14:08
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15263

      Actions (login required)

      View Item