UDiNus Repository

PEMANFAATAN CONTENT BASED IMAGE RETRIEVAL BERBASIS COLOR HISTOGRAM DENGAN HISTOGRAM EQUALIZATION (HE) DAN EUCLIDEAN DISNTANCE UNTUK MENENTUKAN KEMATANGAN PADA CABAI MERAH BESAR (CAPSICUM ANNUUM L.)

RISKHA, KURNIAWAN (2015) PEMANFAATAN CONTENT BASED IMAGE RETRIEVAL BERBASIS COLOR HISTOGRAM DENGAN HISTOGRAM EQUALIZATION (HE) DAN EUCLIDEAN DISNTANCE UNTUK MENENTUKAN KEMATANGAN PADA CABAI MERAH BESAR (CAPSICUM ANNUUM L.). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (519Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Indonesia merupakan salah satu negara agraris, yang mana sebagian besar masyarakatnya bermatapencaharian sebagai petani. Cabai adalah salah satu komoditi sayuran terbesar di masyarakat Indonesia yang dihasilkan oleh petani. Ini terlihat dari masyarakat Indonesia yang selalu menyediakan sambal atau saus sebagai pendamping makan. Pada supermarket terlihat banyaknya olahan cabai merah sebagai saus. Dalam pembuatan saus cabai tentunya diperlukan cabai merah yang berkualitas baik. Namun, untuk mendapatkan kualitas yang baik dengan standard yang sama masih menjadi masalah. Dalam pemilihan cabai yang baik manusia tentunya tidak bias konsisten dan presepsi satu orang dengan orang lainnya pasti berbeda. Karena demikian, perlunya membuat suatu dukungan terhadap perkembangan industri pembuatan saus cabai dengan membuat suatu pemanfaatan teknologi pengolahan citra untuk mendapatkan perbedaan antara cabai merah besar yang matang dan cabai merah besar yang mentah. Ilmu pengolahan citra yang digunakan adalah melalui CBIR (Content Based Image Retrieval). Penggunaan CBIR (Content Based Image Retrieval) nantinya akan membandingkan Color Histogram pada cita acuan dengan citra uji untuk mendapatkan tingkat kematagan pada cabai merah. Dengan penambahan metode peningkatan kualitas citra yang nantinya akan berpengaruh terhadap histogram citra yaitu menggunakan Histogram Equalization (HE). Teknik ini nantinya akan meratakan histogram citra secara keseluruhan sehingga akan memperbaiki kualitas citra. Kemudian untuk mendapatkan kemiripan atau kecocokan citra uji dengan citra acuan digunakan pengukuran jarak. Pengukuran jarak yang digunakan adalah Euclidean Distance tentunya diharapkan mendapatkan hasil yang lebih maksimal untuk menentukan cabai merah besar matang atau cabai merah besar mentah.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 29 Apr 2015 14:08
      Last Modified: 29 Apr 2015 14:08
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15264

      Actions (login required)

      View Item