UDiNus Repository

IMPLEMENTASI ALGORITMA AES DAN MODIFIKASI VIGENERE UNTUK PENGAMANAN PESAN SMS DENGAN NOMOR PENGIRIM DAN PENERIMA SEBAGAI KUNCI TAMBAHAN

IMAM, PUJIONO PRAYOGO (2015) IMPLEMENTASI ALGORITMA AES DAN MODIFIKASI VIGENERE UNTUK PENGAMANAN PESAN SMS DENGAN NOMOR PENGIRIM DAN PENERIMA SEBAGAI KUNCI TAMBAHAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (590Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Salah satu faktor maraknya penyadapan informasi adalah lemahnya pengamanan sarana pertukaran informasi yang ada. Salah satu sarana pertukaran informasi yang banyak digunakan adalah dengan menggunakan SMS (Short Message Service). Pesan yang dikirim melalui SMS dapat berupa informasi yang sifatnya rahasia dan tidak boleh diketahui oleh umum. Pengirim pesan seringkali tidak menyadari bahwa pesan yang dikirim memiliki tingkat keamanan yang rendah dari penyadapan. Untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan pesan maka diperlukan sebuah Aplikasi yang dapat digunakan untuk mengamankan pesan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Algoritma AES (Advanced Encryption Standard) untuk melakukan enkripsi terhadap pesan yang akan dikirim dan modifikasi Algoritma Vigenere untuk membuat kunci enkripsi baru yang dihasilkan dari kombinasi kunci yang diinputkan, nomor pengirim dan penerima. Nomor pengirim dan penerima yang digunakan dalam pembentukan kunci enkripsi baru berfungsi untuk memastikan bahwa isi pesan hanya dapat dibaca maknanya pada handphone penerima asli dengan memasukkan kunci yang benar. Dari hasil penelitian ini meskipun seorang penyadap mendapatkan ciphertext (pesan enkripsi) dan mengetahui kunci pengamanan pesan, pesan tetap tidak terbaca maknanya di handphone penyadap karena nomor pengirim atau penerima pesan sudah berubah.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 29 Apr 2015 14:08
      Last Modified: 29 Apr 2015 14:08
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15265

      Actions (login required)

      View Item