UDiNus Repository

PENGAMANAN KUNCI JAWABAN SERTIFIKASI CCNA MENGGUNAKAN ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) DAN MODE OPERASI CIPHER BLOCK CHAINING (CBC)

MIKO, WIDI PRASETYA (2015) PENGAMANAN KUNCI JAWABAN SERTIFIKASI CCNA MENGGUNAKAN ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) DAN MODE OPERASI CIPHER BLOCK CHAINING (CBC). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (748Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Perkembangan teknologi yang semakin pesat dapat membantu pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien. Namun tidak semua dengan kecanggihan teknologi sekarang ini memberikan dampak positif bagi pengguna. Dampak negatif yang bisa terjadi adalah masalah keamanan data, pesan, ataupun informasi. Untuk mengurangi atau mencegah tindakan tersebut dibutuhkan metode keamanan data atau lebih dikenal dengan istilah kriptografi.Kriptografi mendukung kebutuhan untuk menjaga aspek keamanan seperti integritas data, keaslian entitas dan keaslian data. Dalam kriptografi mengenal beberapa teknik dalam pengamanan data, namun dalam penelitian ini kriptografi yang digunakan adalah Algoritma AES dan mode operasi CBC.Kedua metode ini dipilih karena menggunakan cukup banyak kunci dalam enkripsi dan dekripsi. Dengan banyaknya kunci yang digunakan akan memperkuat algoritma kriptografi dan dapat menambah kesulitan bagi kriptanalis dalam memecahkan hasil enkripsi tersebut.Salah satu dokumen yang perlu diperhatikan adalah pada sertifikasi CCNA.CCNA merupakan sertifikasi dalam bidang Computer Networking. Dalam hal ini banyak kunci jawaban yang tersebar di media untuk tiap-tiap chapter yang diberikan, dengan demikian dikhawatirkan akan mempermudah peserta untuk mencari jawaban tanpa harus berfikir lebih untuk menyelesaikan soal yang diujikan dan hal ini akan mengurangi kualitas dari pemegang sertifikasi itu sendiri dalam hal pengetahuan tentang mengoperasikan dan memecahkan permasalahan.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 29 Apr 2015 14:08
      Last Modified: 29 Apr 2015 14:08
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15281

      Actions (login required)

      View Item