UDiNus Repository

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemberian Kredit Nasabah Menggunakan Analisis Regresi Linier Pada BPR Arto Moro Semarang

RYAN, KUSUMA ADI (2015) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemberian Kredit Nasabah Menggunakan Analisis Regresi Linier Pada BPR Arto Moro Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (333Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi dimana nasabah atau masyarakat disekitar bank BPR Arto Moro Semarang mengingkinkan sebuah sistem ataupun aplikasi pengajuan kredit yang dapat mempermudah mereka, untuk melakukan atau mengakses sistem tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki sistem yang sudah berjalan menggunakan sistem manual dengan sistem baru yaitu web. Serta merancang hasil evaluasi antara sistem manual dengan sistem online dengan cara membangun sistem pengajuan kredit nasabah bank BPR Arto Moro Semarang. Penelitian ini dilaksanakan di BPR Arto Moro Semarang pada tahun 2014, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pendekatan dengan cara ini digunakan untuk mengungkap keefektivitasan aplikasi pengajuan kredit online berbasis web dalam melayani pengajuan kredit oleh nasabah dan masyarakat khususnya. Subjek penelitian ini adalah Pimpinan BPR Arto Moro Semarang beserta staff dan nasabah BPR Arto Moro Semarang. Instrumen yang dipergunakan dalam pengumpulan data adalah: data nasabah dari BPR Arto Moro Semarang pada tahun 2013, lembar observasi dan pedoman wawancara. Dari penelitian ini memperoleh hasil analisis setelah melakukan pengujian menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pada tingkat kepercayaan 95% koefisien regresi ? dan ? adalah signifikan dan variabel X mempengaruhi Y. Dengan demikian model regresi dapat digunakan untuk prediksi adalah Y = -2,55 + 0,99 X. Misalkan dari populasi diketahui pinjaman nasabah adalah 54 (angka dibulatkan dua angka), maka dapat diperkirakan bahwa pendapatan nasabah tersebut adalah Y = -2,55 + 0,99*54 = 50,91 rupiah Dengan rata-rata angka tersebut termasuk ke dalam prediksi efektif terhadap penerapan sistem pengajuan kredit secara online di BPR Arto Moro Semarang.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 29 Apr 2015 14:08
      Last Modified: 29 Apr 2015 14:08
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15301

      Actions (login required)

      View Item