UDiNus Repository

Klasifikasi Plasmodium vivax dari Digitalisasi Mikroskopis Sediaan Darah Tebal Menggunakan Kombinasi Ekstraksi Ciri Statistik Orde Ke-dua dan Metode K-Nearest Neighbor (K-NN) Classifier

NIKEN, IMANIA KARTIKA (2015) Klasifikasi Plasmodium vivax dari Digitalisasi Mikroskopis Sediaan Darah Tebal Menggunakan Kombinasi Ekstraksi Ciri Statistik Orde Ke-dua dan Metode K-Nearest Neighbor (K-NN) Classifier. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (260Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Malaria adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit dari genus plasmodium. Spesies penyebab penyakit malaria ada empat dan masing-masing spesies menyebabkan jenis malaria yang berbeda yang dapat dilihat dari periodik selang waktu timbulnya gejala. Pemberian tindakan medis yang lamban pada penderita malaria dapat berakibat fatal. Mengetahui jenis dan fase parasit malaria lebih mudah dilakukan dengan pengamatan pada sediaan darah tipis dibanding sediaan darah tebal. Di Indonesia, yang masih banyak dilakukan adalah pengamatan pada sediaan darah tebal, padahal pengamatan pada sediaan darah tebal lebih sering digunakan untuk menemukan ada atau tidaknya parasit malaria. Ciri statistik orde ke-dua merupakan salah satu metode untuk analisis tekstur. Ekstraksi ciri erat kaitannya dengan analisis tekstur. Proses klasifikasi dan interpretasi citra dengan dasar analisis tekstur umumnya membutuhkan tahapan ekstraksi ciri. K-Nearest Neighbor (K-NN) merupakan salah satu teknik klasifikasi yang algoritmanya sangat sederhana namun performanya sangat handal. Tingkat akurasi klasifikasi citra bukan parasit, parasit malaria Plasmodium vivax thropozoit, Plasmodium vivax schizont, dan Plasmodium vivax gametocyte menggunakan gabungan ekstraksi ciri statistik orde ke-dua dan K-NN mencapai 95% ketika nilai k adalah 5 dan 7. Hal ini membuktikan bahwa gabungan kedua metode ini dapat mengklasifikasi jenis dan fase parasit malaria pada sediaan darah tebal.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 29 Apr 2015 14:08
      Last Modified: 29 Apr 2015 14:08
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15305

      Actions (login required)

      View Item