UDiNus Repository

SERAT PONCO DRIYO DIGITAL BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG NASKAH KUNO DARI MUSEUM RANGGAWARSITA

ALVIN, RASYID (2015) SERAT PONCO DRIYO DIGITAL BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG NASKAH KUNO DARI MUSEUM RANGGAWARSITA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (813Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Naskah kuno sebagai salah satu bukti sejarah dalam bentuk tertulis perlu dijaga keberadaannya agar dapat diakses dan dipelajari oleh generasi sekarang dan akan datang. Naskah kuno yang disimpan di instansi seperti museum dan perpustakaan kurang diketahui oleh masyarakat awam. Museum Ranggawarsita Semarang adalah salah satu instansi yang menyimpan naskah kuno dengan salah satunya adalah Serat Ponco Driyo. Keadaan naskah kuno yang sudah tua tentunya akan mudah rusak seiring berjalannya waktu. Tentunya keadaan ini sangat mengkhawatirkan jika naskah kuno tersebut rusak sebelum dipelajari. Sehingga perlu adanya perawatan yang khusus atau lebih mudah apabila naskah kuno tersebut digitalisasi agar lebih mudah dipelajari. Smartphone Android yang pemakainya semakin meningkat setiap tahunnya menjadi solusi untuk mengenalkan naskah kuno ke dalam bentuk yang lebih modern dengan dikembangkan dalam bentuk aplikasi naskah kuno digital berbasis Android nantinya aplikasi ini diuji dengan metode User Acceptance Testing dengan pretest dan posttest juga pengisian kuesioner yang nantinya dinilai dengan skala Likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada peningkatan nilai rata-rata pretest 31,5 menjadi 76 pada nilai rata-rata posttest.Untuk pengujian kuisioner nilai rata-rata yang didapatkan adalah 70% berdasarkan perhitungan dengan skala Likert.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 29 Apr 2015 14:08
      Last Modified: 29 Apr 2015 14:08
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15309

      Actions (login required)

      View Item