UDiNus Repository

Penerapan Algoritma C4.5 Pada Kepuasan Pelanggan di Perum DAMRI

IBNU, ROHMAN FATCHUR (2015) Penerapan Algoritma C4.5 Pada Kepuasan Pelanggan di Perum DAMRI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (1318Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3525b) | Preview

      Abstract

      Berbagai cara dilakukan oleh masing-masing perusahaan penyedia jasa, khususnya transportasi untuk memenangkan persaingan, antara lain yakni dengan meningkatkan kepuasan pelanggan transportasi. Salah satu perusahaan penyedia jasa transportasi yang berkomitmen dalam meningkatkan kepuasan pelangganya adalah Perum DAMRI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pelanggan Perum DAMRI dengan menggunakan teknik data mining dengan algoritma C4.5. Atrribut masukan kepuasan pelanggan dalam penelitian ini mencangkup harga, fasilitas, dan pelayanan. Dalam penelitian ini, didapatkan bahwa hasil yang didapatkan berasal dari beberapa atribut masukan menghasilkan hubungan sebab-akibat dalam mengklasifikasikan konsumen puas dan tidak puas. Penelitian ini di harapkan dapat membantu pihak manajemen Perum DAMRI dalam meningkatkan kepuasan konsumen untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan laba perusahaan Perum DAMRI tersebut.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 29 Apr 2015 14:08
      Last Modified: 29 Apr 2015 14:08
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15321

      Actions (login required)

      View Item