Yobioktabera 1, Amran and Susanto 2, Henry and Wijayanti, Sari (2012) PERANCANGAN E-LEARNING CERDAS BERBASIS DSS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA SMP N 9 SEMARANG. Semantik 2012. pp. 444-447. ISSN 979 - 26 - 0255 - 0
PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (285Kb) | Request a copy |
Abstract
Teknologi yang berkembang di Indonesia saat ini telah merambah ke dunia pendidikan. Salah satu produk teknologi yang masih terus dikembangkan adalah E-learning (Electronic Learning). Tidak seperti di kalangan universitas yang sudah marak, kalangan Sekolah Menengah baik SMP dan SMA masih belum banyak yang memanfaatkannya. Tercatat dari 166 sekolah berstatus SMK atau SMA dan 191 sekolah setingkat SMP atau MTs di Semarang, masih sangat sedikit yang menggunakan E-learning. Selama ini E-learning hanya dimanfaatkan sebagai sarana transfer file antara guru dan murid, perlu adanya program E-learning yang dapat memberikan fungsi-fungsi yang lebih cerdas dan menarik bagi pengguna terutama bagi sekolah setingkat SMA/SMK dan SMP. Program ini dibuat untuk mengembangkan E-learning yang lebih cerdas dengan adanya proses Decision Support System menggunakan metode Simple Additive Weighting. Pelaksanaan program ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu studi literatur, perancangan sistem, impelementasi, sosialisasi dan evaluasi. Hasil dari pembuatan E-learning yang memiliki Decision Support System didalamnya ini, dapat mengetahui materi apa saja yang diminati oleh user. Dengan demikian, maka dapat diketahui pattern minat terhadap materi dalam kategori tertentu yang ada dalam suatu institusi pendidikan (dalam hal ini yang menjadi tempat uji coba adalah SMP N 9 Semarang). Kata kunci : E-learning, DSS, SAW
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Mr Imanuel Harkespan |
Date Deposited: | 03 Jul 2012 11:23 |
Last Modified: | 01 Mar 2013 17:17 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/154 |
Actions (login required)
View Item |