UDiNus Repository

PENERAPAN ALGORITMA DECISION TREE C4.5 UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT STROKE DENGAN KLASIFIKASI DATA MINING PADA RUMAH SAKIT SANTA MARIA PEMALANG

SIGIT, ABDILAH (2015) PENERAPAN ALGORITMA DECISION TREE C4.5 UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT STROKE DENGAN KLASIFIKASI DATA MINING PADA RUMAH SAKIT SANTA MARIA PEMALANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (1071Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Data Mining adalah proses ekstraksi sebelumnya tidak dikenal dan dipahami dari database berukuran besar dan digunakan untuk membuat keputusan bisnis yang penting. Data mining juga merupakan proses pendukung keputusan yang digali dari basis data berukuran besar untuk mengetahui pola yang tidak diketahui dan tak terduga sebelumnya pada data. Studi kasus yang digunakan dan diterapkan dalam tugas akhir ini adalah data pasien penyakit saraf khususnya penyakit Stroke untuk dikelola menggunakan algoritma C4.5 dengan metode klasifikasi data mining. Stroke termasuk penyakit pembuluh darah otak yang ditandai dengan kematian jaringan otak yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Di Indonesia, stroke merupakan penyakit nomor tiga yang mematikan setelah jantung dan kanker. Hal tersebut sangat penting untuk dipelajari agar dapat terhindar dari penyakit Stoke, salah satu cara untuk mempelajarinya yaitu dengan ilmu data mining tepatnya menggunakan algoritma C4.5, algoritma C4.5 merupakan algoritma yang sering digunakan dalam beberapa kasus data mining, sedangkan Klasifikasi dalam data mining yaitu cara mengelompokan beberapa variable kedalam suatu label tertentu dengan bantuan algoritma yang digunakan. Hasil pada laporan tugas akhir ini yaitu menentukan pasien penyakit stroke dengan variabel yang diketahui dengan kemudian diolah menggunakan teknik data mining algoritma C4.5.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:10
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:10
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16477

      Actions (login required)

      View Item