UDiNus Repository

Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Algoritma C4.5

EKI, MARIS RUZIQA (2015) Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Algoritma C4.5. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (1211Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3579b) | Preview

      Abstract

      Kepuasan pelanggan Telkomsel merupakan suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan pelanggan terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan pelanggan telkomsel di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebanyak 150 responden. Pada tugas akhir ini dilakukan sebuah penelitian agar dapat mengetahui seberapa besar kepuasan pelanggan menggunakan kartu Telkomsel di Kota Semarang menggunakan penerapan ilmu data mining. Metode yang digunakan adalah Algoritma C4.5. Algoritma C4.5 merupakan salah satu teknik terkenal dalam data mining karena metode ini tidak memerlukan proses pengelolaan pengetahuan terlebih dahulu dan dapat menyelesaikan dengan sederhana kasus-kasus yang memiliki dimensi yang besar. Akurasinya sangat baik asalkan data yang akan dijadikan patokan merupakan data yang akurat. Proses evaluasi dilakukan dengan menghitung akurasi, precision, recall dan f-measure. Hasil menunjukan bahwa data 70% : 30% akurasinya 87% dan data 90% : 10% akurasinya meningkat menjadi 93%.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:10
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:10
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16479

      Actions (login required)

      View Item