ARI, SULISTIYO (2015) PENENTUAN JURUSAN SEKOLAH MENENGAH ATAS MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR CLASSIFIER PADA SMAN 16 SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (506Kb) | Preview | |
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Penjurusan pada Sekolah Menengah Atas merupakan pengelompokan peserta didik terhadap suatu kelompok mata pelajaran yang bertujuan menyesuaikan kemampuan dan minat peserta didik pada bidang yang dipilihnya sehingga dapat meningkatkan minat serta prestasi belajar peserta didik, dan sistem penjurusan yang digunakan masih menggunakan metode perhitungan manual sehingga kurang efektif karena akan membutuhkan waktu yang cukup lama karena banyaknya siswa yang akan dilakukan penjurusan. Penelitian ini akan membahas tentang penjurusan siswa dengan mengklasifikasikan penjurusan berdasarkan nilai rapor, nilai ujian nasional, minat dan rekomendasi BK dengan sistem klasifikasi menggunakan metode K-Nearest Neighbor Classifier yaitu suatu metode klasifikasi dimana penghitungan jarak terpendek dijadikan ukuran untuk mengklasifikasikan suatu kasus baru berdasarkan ukuran kemiripan dari kasus lama yang telah diklasifikasikan sebelumnya. Dengan menggunakan 96 data latih dan 64 data uji didapatkan hasil paling tinggi yaitu 51 data diklasifikasi dengan benar dan 13 sisanya diklasifikasikan dengan kurang tepat. Dari hasil tersebut diperoleh tingkat akurasi kecocokan pada kelas hasil jurusan sebenarnya terhadap kelas prediksi jurusan dengan menggunakan metode K-Nearest Neighbor Classifier pada nilai k = 7 sebesar 79,68% dan termasuk klasifikasi sangat baik karena memiliki nilai AUC antara 0.90 - 1.00, yaitu sebesar 0.962.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 10:10 |
Last Modified: | 26 Nov 2015 10:10 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16481 |
Actions (login required)
View Item |