UDiNus Repository

Sosialisasi Menolak Praktik Money Politic Pada Pemilihan Umum Melalui Perancangan Iklan Layanan Masyarakat di kota semarang

HERDITO, WIJANARKO DARU (2015) Sosialisasi Menolak Praktik Money Politic Pada Pemilihan Umum Melalui Perancangan Iklan Layanan Masyarakat di kota semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3828b) | Preview

    Abstract

    Politik uang (Money politic) merupakan bukan hal yang baru, dengan cara itu suara dapat dibeli. Sebaliknya bagi rakyat, money politic ibarat buah simalakama karena masyarakat tahu betul maksud dan tujuannya. Dalam alam demokrasi yang baru tumbuh ini sulit rasanya Indonesia menerapkan politik jujur dan bersih dan tidak dapat dipungkiri lagi bahwa transisi menuju proses demokratisasi yang bersih akan terhambat dengan adanya praktik money politic. Apabila kegiatan money politic tidak dapat dicegah, maka akan berpotensi menempatkan tatanan reformasi pada posisi tidak menentu, dan pada akhirnya kedaulatan rakyat hanya sebuah jargon-jargon yang tidak ada buktinya. KPU sebagai lembaga resmi yang didirikan oleh pemerintah, diharapkan memiliki kewenangan dan peranan penting dalam menyelenggarakan pemilihan umum, sehingga KPU berhak mensosialisasikan pentingnya menolak kegiatan praktik money politic dengan menggunakan Iklan Layanan Masyarakat sebagai sarana kampanye, dalam perancangan iklan ini penulis beranggapan sangatlah tepat dengan menggunakan analisis 5W+1H sebagai alat strategi terbaik menganalisa kondisi sosial di masayarakat sehingga kegiatan kampanye ini akan sesuai dengan apa yang diharapan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 26 Nov 2015 10:10
    Last Modified: 26 Nov 2015 10:10
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16485

    Actions (login required)

    View Item