UDiNus Repository

PENGELOMPOKAN DESCRIPTOR SURF UNTUK PEMBENTUKAN BAG OF VISUAL WORDS PADA CITRA SIDIK JARI DENGAN MENGGUNAKAN K-MEANS DAN HIERARCHICAL AGGLOMERATIVE CLUSTERING

ANTONY, ADITYA EKA (2015) PENGELOMPOKAN DESCRIPTOR SURF UNTUK PEMBENTUKAN BAG OF VISUAL WORDS PADA CITRA SIDIK JARI DENGAN MENGGUNAKAN K-MEANS DAN HIERARCHICAL AGGLOMERATIVE CLUSTERING. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (700Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3952b) | Preview

      Abstract

      Pengenalan sidik jari adalah salah satu sifat biometrik yang popular digunakan untuk mengenali seseorang. Untuk mengenali identitas seseorang melalui sidik jari, perlu adanya sebuah metode yang tepat dalam melakukan identifikasi. Beberapa teknik diusulkan pada penelitian sebelumnya untuk pengenalan sidik jari. Bag of visual words merupakan salah satu teknik tersebut. Proses metode Bag of visual words ini memerlukan sebuah klastering terhadap beberapa keypoint yang dihasilkan dari sebuah algoritma matching point. Kemudian setelah keypoint dikelompokan, maka keypoint tersebut akan di digunakan untuk proses klasifikasi. Tugas akhir ini hanya bertujuan untuk mengetahui kinerja algoritma klastering dalam pengelompokan keypoint. Hierarchical Agglomerative Clustering dan K-Means dipilih untuk proses clustering tersebut.Dalam penelitian yang dilakukan algoritma K-Means mempunyai performa klastering keypoint yang cukup baik, namun K-Means mempunyai kelemahan dalam melakukan evaluasi. Sedangkan algoritma Hiearchical Agglomerative Clustering dalam melakukan evaluasi membutuhkan waktu komputasi klastering yang cukup cepat, namun hasil performa klastering keypoint-nya tidak cukup baik.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:10
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:10
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16488

      Actions (login required)

      View Item