UDiNus Repository

Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Menentukan Aturan Asosiasi Pada Penjualan Suku Cadang Sepeda Motor di Ahass Rahmat Motor Blora

TRI, NUGROHO SETYO (2015) Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Menentukan Aturan Asosiasi Pada Penjualan Suku Cadang Sepeda Motor di Ahass Rahmat Motor Blora. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (473Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4023b) | Preview

      Abstract

      Ahass Rahmat Motor adalah salah satu kantor cabang dealer motor honda yang menjual berbagai tipe varian motor honda matic maupun manual dan suku cadang sepeda motor. Setiap penjualan atau barang yang terjual akan dilakukan penginputan secara database secara langsung yang terhubung langsung dengan kantor pusat. Akan tetapi Ahass Rahmat Motor tidak mengetahui pasangan barang suku cadang yang sering dibeli secara bersamaan. Saat stok suku cadang yang jumlahnya tinggal sedikit, kantor hanya meminta kiriman stok suku cadang tersebut dari kantor pusat tanpa mengetahui suku cadang yang lain yang jika suku cadang tersebut dibeli maka suku cadang yang lain juga dibeli. Hal itu dinilai mempersulit saat penyetokan barang karena banyaknya jenis dari suku cadang sepeda motor. Teknik Data mining telah banyak digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada salah satunya dengan penerapan algoritma A-Priori untuk mendapatkan informasi tentang asosiasi antar produk dari suatu database transaksi. Data transaksi penjualan suku cadang motor di Ahass Rahmad Motor dapat diolah kembali menggunakan aplikasi Data mining sehingga menghasilkan aturan asosiasi keterkaitan yang kuat antar itemset penjualan suku cadang sehingga bisa memberi rekomendasian penyetokan barang dan mempermudah dalam penataan atau penempatan barang yang kuat berkaitan saling ketergantungan.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:10
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:10
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16491

      Actions (login required)

      View Item