UDiNus Repository

PENGAMANAN PELAPORAN DATA HIV / AIDS DI RUMAH SAKIT DAERAH dr. RADEN SOEDJATI PURWODADI MENGGUNAKAN CHAOTIC STREAM CIPHER DAN STEGANOGRAFI END-OF-FILE

BAYU, WICAKSONO (2015) PENGAMANAN PELAPORAN DATA HIV / AIDS DI RUMAH SAKIT DAERAH dr. RADEN SOEDJATI PURWODADI MENGGUNAKAN CHAOTIC STREAM CIPHER DAN STEGANOGRAFI END-OF-FILE. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (241Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Sistem pelaporan hasil temuan kasus baru HIV / AIDS di RSD dr. R. Soedjati Purwodadi masih dikerjakan secara manual, sekalipun laporan tersebut bersifat sangat rahasia namun pengamanannya masih sangat sederhana. Sehingga perlu direncanakan sistem pelaporan yang lebih terjamin tingkat kerahasiannya. Karena apabila pelaporan secara kualitatif yang berisi data lengkap dari penderita HIV / AIDS jatuh ke tangan yang salah / pihak yang tidak bertanggung jawab akan menimbulkan dampak psikososial bagi penderita HIV / AIDS yang bersangkutan dan keluarga penderita. Di mana dampak tersebut bisa menyangkut harga diri hingga karir penderita beserta keluarganya.Oleh karena itu, dengan menggunakan kombinasi metode kriptografi chaotic stream cipher dan steganografi end of file untuk memberikan dua layer keamanan bagi data HIV / AIDS RSD dr. R. Soedjati, di mana chaotic stream cipher digunakan untuk menyandikan arsip sedangkan steganografi end of file digunakan untuk menyembunyikan keberadaan arsip di dalam media penampung untuk mengelabui pihak yang tidak memiliki otorisasi untuk mengakses arsip tersebut, di mana diharapkan, selain isi arsip tidak dapat dipahami, namun keberadaan arsip juga tersembunyi seolah - olah arsip tersebut tidak pernah ada. Melalui penelitian ini, berhasil didapatkan bahwa penggunaan kombinasi kriptografi chaotic stream cipher dan steganografi end of file berhasil mengamankan file data pelaporan HIV / AIDS di RSD dr. R. Soedjati dengan memberikan dua layer keamanan yang berfungsi dengan sangat baik. Dan setelah dilakukan lima kali percobaan dengan media penampung yang memiliki format berbeda, didapatkan keberhasilan sebesar 100% baik dalam proses enkripsi, encoding, decoding, dan dekripsi.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:10
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:10
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16496

      Actions (login required)

      View Item