UDiNus Repository

PERBANDINGAN CL-TCP (CROSS LAYER - TRANSMISSION CONTROL PROTOCOL) DAN CLSR (CROSS LAYER SELF ROUTING) DENGAN SIMULASI NS-2 UNTUK MENGETAHUI PERFORMA CROSS LAYER PADA MANET (MOBILE ADHOC NETWORK)

RUDY, SYAHNAYA (2015) PERBANDINGAN CL-TCP (CROSS LAYER - TRANSMISSION CONTROL PROTOCOL) DAN CLSR (CROSS LAYER SELF ROUTING) DENGAN SIMULASI NS-2 UNTUK MENGETAHUI PERFORMA CROSS LAYER PADA MANET (MOBILE ADHOC NETWORK). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (335Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      MANET (Mobile Adhoc Network) merupakan jaringan tanpa kabel yang dapat menghubungkan perangkat mobile tanpa diperlukan infrastruktur atau administrasi terpusat. MANET, memiliki sumber daya yang terbatas dan mobilitas (perpindahan perangkat) yang tinggi, sehingga solusi berbasis TCP/IP tidak cocok jika diterapkan. Dalam meningkatkan performa MANET, Cross Layer bisa menjadi solusi. Beberapa penelitian tentang cross layer, diantaranya CL-TCP (Cross Layer Transmission Control Protocol) dan CLSR (Cross Layer Self Routing). Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah eksperimental menggunakan simulasi dengan NS-2 dalam aspek throughput, yang kemudian dilakukan analisis hipotesa beda rata-rata dengan tabel t untuk melakukan perbandingan. Pada uji coba pengiriman data didapatkan hasil CL-TCP dan CLSR tidak memiliki perbedaan yang signifikan, berdasarkan kriteria ±2,898 untuk data pengukuran pada tiap tabel. Meskipun terdapat perbedaan tetapi hanya pada satu tabel. Penggunaan kedua metode Cross Layer tersebut pada jaringan MANET memiliki performa yang sama dalam uji coba ini, hal ini terjadi dikarenakan variasi pengiriman data yang dilakukan masih sedikit.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:10
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:10
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16502

      Actions (login required)

      View Item