UDiNus Repository

Teknik Keamanan Data Menggunakan Kriptografi dengan Algoritma Vigenere Cipher dan Steganografi dengan Metode End of File (EoF)

PATRICIA, HANDOKO (2015) Teknik Keamanan Data Menggunakan Kriptografi dengan Algoritma Vigenere Cipher dan Steganografi dengan Metode End of File (EoF). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (399Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3596b) | Preview

      Abstract

      Dengan berkembangan zaman, maka semakin berkembang pula kebutuhan manusia terutama kebutuhan akan informasi. Oleh karena itu maka diperlukanlah suatu pengamanan data yang akan menjamin keamanan dan keutuhan data ketika data tersebut dikirim maupun diterima. Keamanan pengiriman data dapat diselesaikan dengan menggunakan kriptografi. Salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk proses kriptografi yaitu dengan menggunakan algoritma Vigenere Cipher. Untuk menyembunyikan data tidaklah cukup hanya dengan proses kriptografi karena akan mengundang kecurigaan pihak lain, maka untuk menutupi kecurigaan tersebut dibutuhkan suatu proses menyisipkan data ke dalam file lain untuk menutupi kecurigaan tersebut. Proses menyisipkan data kedalam file lain lebih kita kenal dengan nama teknik steganografi. Metode End of File dapat menjadi salah satu metode yang dapat digunakan dalam proses Steganografi ini. Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan aplikasi yang dapat menyembunyikan file dengan baik dan menutup kecurigaan dari pihak lain.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:10
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:10
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16510

      Actions (login required)

      View Item