UDiNus Repository

Sistem Informasi Pengajuan Bantuan Dengan Menerapkan Metode User Centered Design (UCD) Pada Bapermades (Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa ) Provinsi Jawa Tengah

IKHWANUL, KHARISMA WIRA (2015) Sistem Informasi Pengajuan Bantuan Dengan Menerapkan Metode User Centered Design (UCD) Pada Bapermades (Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa ) Provinsi Jawa Tengah. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (48Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Berdasarkan survey yang telah dilakukan di Badan pemberdayaan masyarakat desa Provinsi Jawa Tengah pada bidang pemberian bantuan kepada masyarakat dan desa, Bapermades masih menggunakan metode konvensional dalam pencatatannya, yaitu menggunakan memanfaatkan microsoft excel dalam melakukan pendataan bantuan. Seringnya terjadi kehilangan data pun menjadi suatu masalah yang dialami Bapermades dalam menanggani masalah pencatatan bantuan ini. Hal ini pun berdampak pada pemrosesan data, pencarian data dan pembuatan laporan mengalami keterlambatan. Untuk mengatasi permasalahan di tersebut maka penulis bertujuan akan merancang sebuah sistem yang dapat melakukan pendataan pengajuan bantuan, hingga meghasilkan laporan yang diperlukan, Metode user centered design (UCD) digunakan dalam perancangan sistem, dengan penyimpanan menggunakan Mysql dan antar muka menggunakan pemrograman visual basic. Data yang digunakan yaitu data pemohon, data bantuan alat, data pengajuan dan data keputusan. Laporan yang dihasilkan yaitu laporan pengajuan, laporan keputusan yang diperlukan. Hasil yang ingin dicapai adalah untuk memberikan kemudahan dalam mendata bantuan, menghindari kehilangan data, pemudahkan pengubahan data dan menghasilkan lapoan yang dibutuhkan. Dalam pemanfaatan sistem ini perlu adanya pelatihan bagi user yang akan menggunakan sistem ini, sehingga menghindari kesalahan maupun ketidakmaksimalan luaran yang dihasilkan, melakukan perawatan terhadap data sistem seperti menghapus data yang sudah usang maupun tidak digunakan lagi seperti backup data secara berkala.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:10
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:10
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16515

      Actions (login required)

      View Item