UDiNus Repository

KLASIFIKASI DATA MINING UNTUK PENERIMAAN SELEKSI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL 2014 MENGGUNAKAN ALGORITMA DECISION TREE C4.5

RENDRA, KUMARA GRAHA (2015) KLASIFIKASI DATA MINING UNTUK PENERIMAAN SELEKSI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL 2014 MENGGUNAKAN ALGORITMA DECISION TREE C4.5. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (747Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Badan Kepegawaian Daerah memegang wewenang dalam menjalankan visi dan misi daerah Kabupaten Banjarnegara salah satunya dengan pelaksanaan Rekruitmen dan penempatan yang sesuai prosedur dan memenuhi syarat yang ditentukan oleh pihak pejabat yang berwenang sesuai formasi yang dibentuk dalam setiap unit / organisasi badan. Banyak kasus dijumpai bahwa pemilihan pegawai dari tahun ke taun masih banyak yang tidak kompeten,tidak sesuai dengan kemampuan, dan bakat. Penggunaan pendekatan algoritma klasifikasi data mining akan diterapkan untuk menentukan bagaimana kesesuaian proses dengan hasil yang didapat, sehingga Badan Kepegawaian Daerah tidak salah menghasilkan pegawai yang berkompeten. Algoritma C4.5 digunakan untuk menentukan hasil lulus atau gagalnya seorang pelamar. Parameter pemilihan kelulusan adalah Indeks Prestasi Kumulatif , Umur, Akreditasi, Tes Wawasan Akademik, Tes Karakteristik Pribadi dan Tes Intelegensi Umum. Manfaat data mining dapat diimplementasikan pada penerimaan pegawai yang melibatkan data dalam jumlah besar, teknik yang digunakan dalam data mining ini adalah pohon keputusan, dengan Algoritma C4.5, Setelah data dipilah, akan terlihat bagaimana kecenderungan pelamar yang akan diterima pada penerimaan pegawai, dengan mencari entropy dan gain tertinggi dibentuklah pohon keputusan. Sehingga dalam pelaksanaan seleksi penerimaan pegawai, dapat diketahui pola - pola dan kriteria apa saja yang dibutuhkan dalam Pelaksanaan Rekruitmen dan Penempatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara sebagai bahan klasifikasi. Hasil eksperimen dan evaluasi menunjukan bahwa Algoritma Decision Tree C4.5 akurat diterapkanuntuk penentuan diterimanya cpns dengan tingkat akurasi terbaik yaitu 75 % dari tiga kali percobaan.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:10
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:10
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16516

      Actions (login required)

      View Item