UDiNus Repository

PREDIKSI PRODUKSI DEBIT AIR MINUM PER BULAN DENGAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPAGATION (STUDI KASUS : PDAM TIRTA MOEDAL SEMARANG)

MONICA, AMADEA (2015) PREDIKSI PRODUKSI DEBIT AIR MINUM PER BULAN DENGAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPAGATION (STUDI KASUS : PDAM TIRTA MOEDAL SEMARANG). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (1015Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3657b) | Preview

      Abstract

      PDAM Tirta Moedal Semarang sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penyedia air minum belum memperhatikan dengan baik keseimbangan produksi air dengan kebutuhan konsumen. Sehingga sering terjadi produksi yang sangat berlebihan bila dibandingkan dengan permintaan setiap bulannya. Dari penelitian ini diharapkan dapat membantu PDAM Tirta Moedal Semarang dalam menyeimbangkan produksi air dengan permintaan konsumen. Metode yang akan digunakan yaitu dengan menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation. Data yang digunakan dalam penelitian kali ini fokus pada data rekapitulasi penggunaan air oleh customer setiap bulan. Analisa data dilakukan dengan metode Jaringan Syaraf Tiruan menggunakan software Matlab 8.1.0. Arsitektur jaringan terbaik yang dihasilkan oleh pelatihan jaringan adalah percobaan 2 dengan nilai Mean Squared Error (MSE) terkecil adalah 3531665.852. dan persentase error 0.023%.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:10
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:10
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16528

      Actions (login required)

      View Item