UDiNus Repository

Sistem Rekomendasi Komunitas Pemuda di Kota Semarang berbasis Item-based Collaborative Filtering dengan Metode Adjusted Cosine Similarity

RIZKI, KELIMUTU DWI (2015) Sistem Rekomendasi Komunitas Pemuda di Kota Semarang berbasis Item-based Collaborative Filtering dengan Metode Adjusted Cosine Similarity. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (471Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4016b) | Preview

      Abstract

      Pemuda adalah aset bangsa yang akan meneruskan estafet pembangunan. Namun dalam praktiknya, banyak pemuda yang malah menghabiskan masa mudanya dengan sia-sia dengan terjerumus narkob maupun pergaulan bebas. Di sisi lain, komunitas pemuda merupakan salah satu wadah dimana pemuda bisa berpartisipasi aktif bersama pemuda lainnya untuk menyelesaikan masalah sosial. Meskipun begitu, masih banyak pemuda yang kesulitan untuk menemukan peluang berkontribusi melalui komunitas serta tidak tau komunitas mana yang cocok untuknya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan sebuah sistem rekomendasi komunitas sebagai acuan ketika para pemuda ingin ikut serta berkontribusi melalui komunitas yang sesuai dengan bidang kesukaannya. Melalui penelitian kali ini, penulis akan membuat sistem rekomendasi komunitas pemuda di Kota Semarang sehingga nantinya bisa dijadikan acuan bagi pemuda di Kota Semarang yang ingin berkontribusi melalui komunitas. Algoritma rekomendasi yang digunakan adalah item-based collaborative filtering. Algoritma tersebut menghitung rekomendasi berdasarkan perhitungan kemiripan komunitas dengan metode adjusted cosine similarity. Nilai kemiripan tersebut dihitung dari perolehan rating yang dilakukan pengguna. Dari hasil pengujian rekomendasi dari 25 komunitas dan 5 pengguna, dapat disimpulkan bahwa algoritma collaborative filtering dapat menyediakan rekomendasi komunitas yang berbeda-beda pada tiap pengguna sesuai dengan rating komunitas yang diberikannya.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:10
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:10
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16530

      Actions (login required)

      View Item