UDiNus Repository

Implementasi Penyisipan Pesan pada Citra Digital dengan Menggunakan Metode Least Significant Bit (LSB) dan Enkripsi One Time Pad

RISQO, MAULANA (2015) Implementasi Penyisipan Pesan pada Citra Digital dengan Menggunakan Metode Least Significant Bit (LSB) dan Enkripsi One Time Pad. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (374Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Keamanan dan kerahasiaan informasi merupakan aspek penting yang dibutuhkan dalam proses pertukaran informasi terlebih bila sudah menyangkut karya cipta salah satu bentuknya yaitu citra (image) yang disajikan secara visual, sebuah karya cipta harus dilindungi supaya tidak ada penyalahgunaan atau pengakuan sebuah karya karena dapat merugikan pemiliknya. Sebab itu sebuah karya perlu adanya identitas pemilik. Metode Least Significant Bit (LSB) merupakan salah satu teknik penyisipan teks atau pesan kedalam data digital seperti data citra, maka data pesan bisa dijadikan sebagai identitas pemilik. LSB akan mengubah nilai bit dari setiap piksel pada cover sesuai dengan nilai biner pada pesan secara berurutan. Peneliti akan menggabungkan algoritma LSB dengan algoritma One Time-Pad (OTP) untuk mendapatkan bentuk pesan yang acak atau terenkripsi sehingga pesan tidak mudah untuk dimanipulasi. Namun, citra yang tersisipi pesan akan mengalami penurunan kualitas citra sehingga perlu dilakukan evaluasi kualitas citra dengan perhitungan nilai Mean Square Error (MSE) dan Peak Signal to Noise Ratio (PSNR). Hasil pengujian menunjukkan bahwa gambar dengan resolusi 512 x 512 piksel menghasilkan nilai MSE : 0,0000762939 dan PSNR(db): 79,3399, gambar dengan resolusi 256 x 256 piksel MSE : 0,0031 dan PSNR(db) : 73,3193, serta gambar dengan piksel 128 x128 piksel menghasilkan MSE : 0,012 dan PSNR(db) : 67,2987.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:10
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:10
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16532

      Actions (login required)

      View Item