UDiNus Repository

Teknik Penyembunyian Pesan PDF Terenkripsi Menggunakan Algoritma Kriptografi Vernam Cipher dan Steganografi End of File (EoF) dalam Media Gambar

MARSELA, DIBIYO SUTIKNO (2015) Teknik Penyembunyian Pesan PDF Terenkripsi Menggunakan Algoritma Kriptografi Vernam Cipher dan Steganografi End of File (EoF) dalam Media Gambar. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (378Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Seiring perkembangan teknologi yang semakin lama semakin pesat, pengiriman pesan atau informasi yang penting dari satu orang ke orang lain dirasa sangat tidak aman lagi. Berawal dari pesan format word, setelah itu munculah aplikasi PDF yang bisa mengirim pesan dan tidak bisa dirusak oleh orang lain, tetapi lama kelamaan dengan teknologi yang semakin berkembang pesat, pesan PDF juga bisa dirusak serta pesan itu juga tidak dapat dirahasiakan, walaupun orang lain tidak dapat merusaknya, namun dapat mengerti informasi yang terdapat di dalam pesan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem yang bisa menjaga keaslian pesan dan kerahasiaan pesan tersebut. Dengan cara mengubah pesan asli menjadi pesan acak yang sudah dienkripsi oleh suatu kunci agar orang yang tidak berwenang tidak dapat mengetahui pesan tersebut. Selain itu pesan yang sudah diubah menjadi pesan acak harus disembunyikan juga agar pihak ketiga atau pihak yang tidak berwenang tidak merasa curiga terhadap pesan yang diacak tersebut. Salah satu metode yang digunakan untuk mengacak pesan rahasia tersebut dengan menggunakan Algoritma Kriptografi Vernam Cipher dan Steganografi End of File untuk menyembunyikan pesan yang sudah dienkripsi ke dalam gambar agar tidak menimbulkan kecurigaan pada pihak ketiga, karena perubahan yang terjadi tidak tampak berbeda secara kasat mata. Dengan adanya sistem tersebut dapat menjaga keamanan data serta kerahasiaan data yang hanya dapat diketahui oleh pihak yang berwenang. Selain itu keaslian data dapat terjaga tanpa adanya kerusakan data yang dikirimkan.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:11
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:11
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16541

      Actions (login required)

      View Item