UDiNus Repository

IMPLEMENTASI ALGORITMA HILL CIPHER DALAM PENYANDIAN DATA NILAI AKHIR SEMESTER PADA PROGRAM STUDI TI-S1 TAHUN AJARAN 2014/2015 DENGAN MENGGUNAKAN KODE ASCII

DIAH, PALUPI RETNO (2015) IMPLEMENTASI ALGORITMA HILL CIPHER DALAM PENYANDIAN DATA NILAI AKHIR SEMESTER PADA PROGRAM STUDI TI-S1 TAHUN AJARAN 2014/2015 DENGAN MENGGUNAKAN KODE ASCII. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (628Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3561b) | Preview

      Abstract

      Sistem keamanan seharusnya dapat meningkatkan keamanan data para penggunanya. Suatu kerahasian data dan informasi merupakan suatu hal yang sangat penting. Data tersebut biasanya disimpan dalam suatu sistem yang disebut dengan sistem basis data. Dalam pengamanan data dapat dilakukan dengan mengenkripsi data tersebut . Metode enkripsi algoritma Hill Cipher termasuk algoritma kriptografi klasik yang sulit dipecahkan, apabila dilakukan hanya dengan mengetahui berkas ciphertext saja. Karena Hill Cipher tidak mengganti setiap abjad yang sama pada ciphertext karena menggunakan perkalian matriks pada dasar enkripsi dan dekripsinya. Untuk semakin meningkatkan keamanan penyandian data maka dalam penelitian ini metode enkripsi algoritma Hill Cipher dimodifikasi dengan menggunakan kode ASCII.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:11
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:11
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16560

      Actions (login required)

      View Item