UDiNus Repository

MENGAPLIKASIKAN NASKAH DENGAN VISUAL GAMBAR DALAM PROGRAM DOKUMENTER `TERBIT INDONESIA KU` EPISODE NYEMARANG (NYEPI DI SEMARANG)

I, HADITYA GEDE (2015) MENGAPLIKASIKAN NASKAH DENGAN VISUAL GAMBAR DALAM PROGRAM DOKUMENTER `TERBIT INDONESIA KU` EPISODE NYEMARANG (NYEPI DI SEMARANG). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (63Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Budaya mempunyai keunikan dan karakter tersendiri, sampai sekarang tidak semua masyarakat mengetahuinya. Khususnya generasi muda yang mulai meninggalkan budaya dan nilai sakralnya, sehingga menjadi budaya yang hampir punah. Sebuah karya dokumenter tentang kuat nya budaya Bali khususnya hari raya Nyepi di Semarang dengan bahasa dan visual menarik agar mudah dipahami oleh masyarakat serta menjelaskan dan mengupas tuntas sejarah hari raya Nyepi di Semarang dan makna yang terkandung di dalamnya serta memberikan alur cerita yang baik sehingga tujuan cerita dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Data yang diambil didasari oleh beberapa proses riset yang dilakukan dimulai dari studi Lapangan yaitu penelitian yang langsung dilakukan pada obyek yang mendukung sebagai penguat materi dokumenter, hingga studi Kepustakaan yaitu suatu penelitian dan pengumpulan data dengan cara mempelajari dan membaca buku serta literatur-literatur yang ada kaitannya dengan obyek penulisan. Hasil program dokumenter Terbit Indonesia Ku episode Nyemarang (Nyepi di Semarang), merupakan perjalanan budaya Nyepi di Semarang, yang dirayakan dengan antusias oleh seluruh umat Hindu di Semarang yang dimulai dari prosesi melasti yang diadakan di pantai marina, kemudian dilanjutkan pada prosesi tawur agung yang pelaksanannya dipusatkan di Pura Agung Giri Natha Semarang, hingga hari H Nyepi dapat berjalan dengan lancar.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Penyiaran
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:11
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:11
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16568

      Actions (login required)

      View Item