UDiNus Repository

Perancangan Knowledge Management System dengan Model Nonaka Takeuchi pada UPT Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah

NUR, ANISA LAELA (2015) Perancangan Knowledge Management System dengan Model Nonaka Takeuchi pada UPT Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (236Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      UPT PTSP adalah kegiatan penyelenggaraan suatu Perizinan dan Non Perizinan yang mendapat pendelegasian atau pelimpahan wewenang dari lembaga atau instansi yang memiliki kewenangan Perizinan dan Non Perizinan. Perizinan dan non perizinan yang diterbitkan oleh PTSP terdiri dari berbagai jenis yang kewenangan sebelumnya diterbitkan oleh instansi terkait. Terdapat berbagai disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh setiap SDM yang ada. Manajemen pengetahuan belum dapat tersalurkan dengan baik disebabkan oleh keterbatasan SDM yang ada. UPT PTSP memerlukan suatu rancangan knowledge management system agar memudahkan SDM dalam berbagi pengetahuan sehingga tidak terjadi ketergantungan terhadap SDM tertentu. Penulis menggunakan model Nonaka Takeuchi dalam mengonversikan antara pengetahuan yang bersifat tacit maupun explicit. Tacit merupakan pengetahuan dari pakar baik individu maupun masyarakat beserta dengan pengalaman-pengalamannya. Explicit knowledge merujuk pada suatu knowledge yang direpresentasikan ke dalam sebuah angka dan huruf. Pengetahuan-pengetahuan tersebut diklasifikasikan untuk mendeskripsikan konsep dan hubungan antara pengetahuan yang satu dengan yang lain. Pengetahuan terbagi menjadi empat, yaitu sosialisasi, eksternalisasi, internalisasi dan kombinasi. Untuk perancangan dan dokumentasi sistem digunakan Unified Modelling Language. Diagram-diagram yang merepresentasikan rancangan dari sistem yang dibuat meliputi use case diagram, class diagram, sequence diagram dan activity diagram. Penelitian ini menghasilkan konsep dan perancangan sistem Knowledge Management pada UPT PTSP sehingga dapat digunakan sebagai acuan atau kerangka kerja bagi pengimplementasian sistem lebih lanjut.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:11
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:11
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16573

      Actions (login required)

      View Item