UDiNus Repository

ANALISIS TATA KELOLA TI PROSES BISNIS (DSS06) INVENTORY BARANG MESIN FOTOCOPY PADA PT. ASTRAGRAPHIA Tbk BERDASARKAN FRAMEWORK COBIT 5

YESINTA, TRESYA BABY (2015) ANALISIS TATA KELOLA TI PROSES BISNIS (DSS06) INVENTORY BARANG MESIN FOTOCOPY PADA PT. ASTRAGRAPHIA Tbk BERDASARKAN FRAMEWORK COBIT 5. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (686Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      PT. Astragraphia Tbk merupakan salah satu perusahaan besar berbasis bisnis yang telah lama bergerak di bidang perdagangan, jasa konsultasi, perlengkapan kantor dan telekomunikasi. Peran IT sangat berpengaruh dalam pelaksanaan segala aktifitas kerja. Seluruh pendistribusian barang di PT. Astragraphia Tbk pada bagian inventory menggunakan sistem yang terintegrasi dengan semua depo. Tetapi pada kenyataannya sistem tersebut belum bisa di katakan terintegrasi dengan baik. Di depo masih mengalami kekurangan yang di kirim dari cabang Semarang, sehingga depo tidak lengkap dalam menyediakan barang dan berakibat dapat mengecewakan pelanggan. Dari permasalahan tersebut, maka diperlukan kegiatan analisis tata kelola TI terkait pengelolaan proses bisnis yang dijalankan oleh perusahaan. Dengan adanya pengukuran kinerja ini dapat menghasilkan temuan dan rekomendasi yang dapat digunakan PT. Astragraphia Tbk sebagai referensi untuk meningkatkan pengelolaan TI terkait kegiatan proses bisnis agar nantinya dapat mendukung tujuan bisnis perusahaan menjadi lebih baik. Dari hasil studi literatur, wawancara, dan kuisioner berdasarkan COBIT 5 dihasilkan kapabilitas tata kelola kegiatan proses bisnis inventory barang (DSS06) pada PT. Astragraphia Tbk saat ini adalah level 3 yaitu Established dengan status Largely Achieved sebesar 77,17% atau 3,42 dimana kegiatan proses bisnis yang telah diimplementasikan memiliki beberapa kendala dalam pelaksaanaannya dan sepenuhnya belum dikelola dengan baik. Untuk mencapai target pada level kapabilitas 4, PT. Astragraphia Tbk dapat melakukan strategi perbaikan yang dilakukan dari proses atribut level 3 sampai dengan level 4.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:11
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:11
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16583

      Actions (login required)

      View Item