UDiNus Repository

IMPLEMENTASI DOMAIN DELIVER, SERVICE AND SUPPORT (DSS05) BERDASARKAN COBIT 5 SEBAGAI UPAYA PROTEKSI ASET INFORMASI PADA PT. ASTRAGRAPHIA Tbk

AIDA, MAYASARI MILADINA (2015) IMPLEMENTASI DOMAIN DELIVER, SERVICE AND SUPPORT (DSS05) BERDASARKAN COBIT 5 SEBAGAI UPAYA PROTEKSI ASET INFORMASI PADA PT. ASTRAGRAPHIA Tbk. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (544Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Sistem informasi dapat diakses dimanapun,kapanpun dan terkadang suatu instansi atau organisasi mempunyai sistem informasi sendiri (office automation). Pada penelitian ini bentuk office automation pada PT. Astragraphia Tbk yaitu Docushare. Docushare memiliki tingkat keamanan sistem yang masih kurang, hal ini memungkinkan terjadinya penyalahgunan. Docushare merupakan sistem yang terintegrasi, berfungsi untuk mengakses infornasi yang berkaitan dengan fasilitas kompensasi karyawan bisa dilakukan diberbagai cabang maupun depo PT. Astragraphia Tbk. Terdapat permasalahan yang terjadi pada sistem Docushare yaitu sistem tidak menutup secara otomatis ketika user lupa logout, pada saat login terjadi kesalahan berulang sistem tidak menutup secara otomatis, dan tidak tersedia informasi tentang umur password. Dari permasalahan tersebut, maka akan dilakukan analisa berdasarkan domain deliver, service and support (DSS05) yang mengacu pada COBIT 5 dengan mengumpulkan informasi pendukung melalui studi dokumen, wawancara, dan kuesioner. Proses selanjutnya akan diolah untuk mengetahui hasil penelitian yang diperoleh dari analisis tingkat kapabilitas dan analisis kesenjangan. Setelah dilakukannya analisa tingkat kapabilitas maka diperoleh hasil sebesar 82.19% atau sebanding dengan 3,25 dengan status Larger Achieved dimana dalam proses yang berkaitan dengan keamanan sistem masih terdapat kelemahan. Dari hasil analisa tingkat kapabilitas yang mengacu pada level 4, dapat disimpukan bahwa terdapat kesenjangan (gap) selisih nilai untuk dapat mencapai hasil maksimal. Dengan begitu PT Astragraphia Tbk dapat melakukan strategi perbaikan yang dilakukan secara bertahap pada proses atribut level 1 hingga level 4.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:11
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:11
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16587

      Actions (login required)

      View Item