UDiNus Repository

PERBANDINGAN KINERJA METODE NAIVE BAYES DAN C4.5 DALAM PENGKLASIFIKASIAN PENYAKIT DIABETES MELLITUS DI RUMAH SAKIT KUMALA SIWI KUDUS

ESKA, KUNDARI SARTI (2015) PERBANDINGAN KINERJA METODE NAIVE BAYES DAN C4.5 DALAM PENGKLASIFIKASIAN PENYAKIT DIABETES MELLITUS DI RUMAH SAKIT KUMALA SIWI KUDUS. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (450Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Seiring berjalannya waktu data – data yang dimiliki rumah sakit akan bertambah banyak tetapi informasi yang bisa dipetik dari data – data tersebut tidak seimbang dengan data – data yang didapat. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyaknya jumlah pasien yang telah melakukan pemeriksaan kesehatan termasuk penderita penyakit diabetes mellitus. Dengan memanfaatkan data mining, pengklasifikasian penyakit bisa dilakukan untuk mengetahui apakah pasien positif diabetes mellitus atau negatif diabetes mellitus. Data mining ini dapat menggali informasi dari gudang data dengan menggunakan metode - meode tertentu untuk mendapat informasi atau pengetahuan baru. Oleh karena itu data mining bisa digunakan untuk pengklasifikasian, algoritma naive bayes dan c4.5 adalah contoh algoritma yang bisa di gunakan untuk pengklasifikasian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui akurasi yang lebih baik antara kedua algoritma tersebut, Sehingga dalam studi kasus yakni rumah sakit kumala siwi kudus bisa menggunakan algoritma yang memiliki akurasi lebih baik. Peneliti akan membuat prototipe menggunakan bahasa pemrograman visual basic 6.0 dan menggunakan microsoft access sebagai database. Dengan prototipe ini diharapkan memberi informasi tentang akurasi algoritma naive bayes dan c4.5 dalam dalam pengklasifikasian penyakit diabetes mellitus di rumah sakit kumala siwi kudus.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:11
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:11
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16594

      Actions (login required)

      View Item