UDiNus Repository

Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Android Pendeteksian Dini Infertilisasi Pada Wanita Menggunakan Metode Certainty Factor

GINA, LUFITADEWI (2015) Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Android Pendeteksian Dini Infertilisasi Pada Wanita Menggunakan Metode Certainty Factor. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (390Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3898b) | Preview

      Abstract

      Infertilitas (kemandulan) merupakan masalah kesehatan, dimana pasangan suami istri belum mampu memiliki keturunan. Berdasarkan catatan Worlth Health Organization (WHO), di dunia ada sekitar 50-80 juta pasangan suami istri mempunyai problem infertilitas. Di Indonesia sendiri, Pasangan Usia Subur (PUS) yang menderita infertilitas sebanyak 524 (5,1%) PUS dari 10205 PUS. Banyak wanita yang telah menikah namun tidak mengetahui kalau dia mengalami infertilitas, sehingga diperlukan suatu sistem penunjang keputusan untuk membantu para wanita mengetahui sejak dini penyakit ini. Sistem penunjang keputusan ini menggunakan metode certainty factor yang mampu menunjukkan ukuran kepastian terhadap suatu fakta atau aturan. Dalam implementasinya penulis akan memanfaatkan perangkat mobile. Salah satu bentuk pemanfaatannya adalah tentang pelayanan kesehatan dalam bentuk pendeteksian suatu penyakit, sehingga pelayanan kesehatan dapat lebih cepat dilakukan. Berdasarkan perhitungan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) dari sampel 30 wanita penderita infertilitas yang menggunakan aplikasi ini didapat nilai 13,33%. Nilai tersebut termasuk dalam kriteria MAPE yang baik, yakni dalam range 11% - 20%.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:11
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:11
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16595

      Actions (login required)

      View Item