UDiNus Repository

PERANCANGAN APLIKASI BERBASIS MARKERLESS AUGMENTED REALITY UNTUK ALAT PERAGA ORGAN DALAM MANUSIA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS

MOHAMAD, BACHTIAR YUSUF (2015) PERANCANGAN APLIKASI BERBASIS MARKERLESS AUGMENTED REALITY UNTUK ALAT PERAGA ORGAN DALAM MANUSIA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (501Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3904b) | Preview

      Abstract

      Pentingnya alat peraga pada dunia pendidikan dalam membantu siswa memperoleh gambaran nyata bentuk-bentuk organ dalam yang jarang ditemui. Jumlah alat peraga yang ada disekolah tidak sebanding dengan jumlah siswa yang ada, sehingga tidak semua siswa dapat menggunakan alat peraga yang tersedia. Perancangan alat peraga virtual berbasis Augmented Reality bertujuan agar siswa dapat menggunakannya baik pada saat jam pelajaran berlangsung maupun di luar jam pelajaran. Perangkat lunak ini akan lebih memudahkan siswa dalam menggunakan alat peraga dengan memanfaatkan teknologi yang sudah biasa digunakan siswa, sehingga penggunaan perangkat lunak ini akan lebih mudah dan efisien. Perancangan Perangkat lunak virtual ini menggunakan metode markerless Augmented Reality, dengan metode ini pengguna tidak memerlukan marker khusus berbentuk hitam putih, melainkan pengguna secara langsung menggunakan gambar 2D yang ada pada kartu yang telah disediakan penulis. Aplikasi dibuat dengan menggunakan Magic Card sebagai acuan untuk menampilkan konten, dengan fitur yang diberikan adalah organ dalam manusia dalam wujud 3D dan keterangan pada masing-masing organ dalam serta menggunakan model navigasi Virtual Button.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:11
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:11
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16611

      Actions (login required)

      View Item