UDiNus Repository

Analisis Tata Kelola Proses Layanan Keamanan Informasi Penyedia Jasa Kesehatan (DSS05) dalam Kegiatan penerapan Aplikasi SIM Pada PT. Cito Putra Utama Semarang Berdasarkan Kerangka Kerja COBIT 5

ABDUL, BASYIR (2015) Analisis Tata Kelola Proses Layanan Keamanan Informasi Penyedia Jasa Kesehatan (DSS05) dalam Kegiatan penerapan Aplikasi SIM Pada PT. Cito Putra Utama Semarang Berdasarkan Kerangka Kerja COBIT 5. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (151Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Tiga poin yang menjadi rencana peningkatan standar PT. Cito Putra Utama Semarang untuk tahun 2014-2019 adalah pelayanan, keamanan informasi dan keakuratan hasil. Berbagai penelitian kemudian dikembangkan guna mendukung rencana peningkatan tersebut. Berdasarkan penelitian sebelumnya terkait pelayanan perusahaan kepada konsumen masih ditemukan adanya masalah mengenai atribut jaminan keamanan yang diberikan. Maka diperlukan sebuah kegiatan analisis tata kelola TI terkait pengelolaan layanan dalam menjamin keamanan informasi dan keakuratan hasil bagi konsumen . Dengan adanya pengukuran kinerja ini nantinya dapat menghasilkan temuan dan rekomendasi yang dapat digunakan PT. Cito Putra Utama Semarang sebagai referensi untuk meningkatkan pengelolaan TI terkait layanan keamanan informasi agar kedepannya dapat mendukung tujuan bisnis organisasi dengan lebih baik. Dari hasil studi dokumen, wawancara dan kuesioner berdasarkan COBIT 5 dihasilkan level kapabilitas tata kelola proses layanan keamanan informasi penyedia jasa kesehatan (DSS05) pada PT. Cito Putra Utama Semarang saat ini adalah 2 yaitu Managed dengan status Largely Achieved sebesar 73,92% atau setara dengan nilai 2,74 dimana pengkomunikasian mengenai perencanaan dari performa proses layanan keamanan informasi masih belum sepenuhnya dikelola dengan baik. Dan untuk mencapai level kapabilitas 3, PT. Cito Putra Utama Semarang dapat melakukan strategi perbaikan yang dilakukan secara bertahap dari proses atribut level 1 sampai 3.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:11
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:11
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16644

      Actions (login required)

      View Item